Monday, February 13, 2017

Contoh Naskah Drama / Teater Seni Budaya SMP (Si Kabayan)


Pementasan Teater
Naskah Kabayan dan si Itok




Berdasarkan Standar Kompetensi yang mengatakan bahwa "Siswa mampu mempresentasikan perbedaan, menunjukan sikap empati dan mencipta karya seni teater Nusantara melalui beragam gagasan, teknik, bahan dan keahlian dengan menggali dari proses, teknik, prosedure, media dan mempergelarkan karya sendiri dan orang lain"

Pada kesempatan kali ini tepatnya pada mata pelajaran Seni Budaya tingkat SMP, siswa diharapkan dapat membuat bentuk drama, dengan menetukan tema, kemudian menyusun lakon sederhana atau mengubah bentuk naskah, dengan melakukan persiapan pementasan teater dan pada akhirnya berani mementaskan drama atau lakon tersebut.

Setiap Naskah drama mempunyai unsur tema, isi dan struktur. Naskah drama dapat merupakan gubahan dari puisi maupun cerita pendek. Naskah yang disusun tersebut mempunyai unsur-unsur dramatis tersendiri. Unsur-unsur dramatis berhubungan erat dengan keahlian dan teknik penyalinan karya drama (dramaturgi).
Sebelum pementasan sebuah lakon harus dilakukan pemilihan peran (casting). Setiap karakter tokoh dalam cerota harus diadaptasikan oleh para pemain. Pementasan drama disesuaikan dengan pola permainan, gerak-gerak pokok, gerak-gerak tambahan, perpindahan pemain, (movement), pengembangan, dan pemberian isi dalam suatu permainan peran.

Berikut ini merupakan contoh naskah yang dapat menjadi inspirasi para siswa untuk di ubah atau dipentaskan.

Load disqus comments

0 comments