Tuesday, February 28, 2017

Soal-Soal UAS Ilmu Fikih Tingkat Mts/SMP Kelas 7, 8 dan 9 Tahun Pelajaran 2016-2017

SOAL-SOAL UAS MATA PELAJARAN ILMU FIKIH  TAHUN PELAJARAN 2016-2017



Bismillah
Soal yang merupakan suatu alat ukur kemampuan siswa yang sudah menjadi salah satu hal yang harus dilaksanakan dalam menguji siswa-soswinya tersebut. Tanpa terkecuali bagi para peserta didik Madrasah Tsanawiyah, selain harus menghadapi UAS untuk mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris dan sebagainya, mereka pun harus mendapatkan UAS tambahan pada mata pelajaran Keagamaan yang lebih khusus. Adapun mata pelajaran Keagamaan tersebut diantaranya Ilmu Balaghah, Tauhid, Ilmu Fikih, Tajwid, Hadist, Akidah Akhlak dan lain-lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber yang dapat saya simpulkan mengenai "Apa itu Ilmu Fikih?"
Definisi fiqih ini mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan zamannya. Fiqih pada masa Rosul dan shahabat (abad 1 Hijriyah) mempunyai arti yang sangat luas karena mencakup beberapa aspek yakni aqidah, muamalah, dan akhlak. Hal ini hanya bisa diketahui oleh orang yang mempunyai ilmu agama yang mendalam.


Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa fiqih adalah ilmu yang mempelajari bermacam-macam hukum Islam (syara’) yang berhubungan dengan aturan hidup manusia (mukallaf) yang diperoleh dari dalil-dalil terperinci .

Tujuan Mempelajari Fiqih
Adapun yang menjadi dasar dan pendorong umat Islam untuk mempelajari fiqih adalah : 
  1. ➤ Untuk mencari kebiasaan faham dan pengertian dari agama Islam.
  2. ➤ Untuk mempelajari hukum-hukum Islam yang berhubungan dengan kehidupan manisia.
  3. ➤ Untuk memperdalam pengetahuan dalam hukum-hukum agama baik dalam bidang aqidah, akhlak maupun dalam bidang ibadah dan muamalah.

Berikut ini file dari Ulangan Akhir Semester (UAS) pada tingkat MTs/SMP kelas 7, 8 dan 9, Silahkan download here :


Load disqus comments

0 comments