Saturday, February 25, 2017

Instrumen Penilaian Ujian Praktek SMA Mata Pelajaran Bahasa Inggris

INSTRUMEN PENILAIAN UJIAN PRAKTEK BAHASA INGGRIS TINGKAT SMA
TAHUN PELAJARAN 2016-2017




Dalam dunia pendidikan tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kata instrumen penilaian, berdasarkan dari berbagai sumber dapat diisimpulkan bahwa Instrumen merupakan salah satu alat untuk mengumpulkan data atau informasi yang bermanfaat dengan tujuan mengukur suatu obyek tertentu. Sedangkan penilaian itu sendiri salah satu cara untuk mendorong peserta didik agar dapat maksimal dalam setiap penampilan/menyelesaikan suatu tes, dengan tujuan yang sama yaitu mengukur kemampuan dari peserta didik tersebut.

Adapun pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan berupa contoh Instrumen Penilaian dalam UJIAN PRAKTEK terutama untuk SMA kelas XII pada mata pelajaran BAHASA INGGRIS. Seperti biasanya ketika Ujian Praktek para pendidik diharuskan untuk menyusun Kisi-Kisi Ujian Praktek , membuat soal Ujian Praktek dan Instrumen Penilaian nya, tanpa terkecuali dengan mata pelajaran yang satu ini yakni Bahasa Inggris.
Setiap pergantian tahun pelajaran saya selalu berusaha untuk berinovasi untuk menciptakan Ujian Praktek yang membuat peserta didik tetap Fun dan tidak menganggap Ujian itu berat bagi mereka, sampai merekapun terkesan dengan Ujian Praktek tersebut. Pada salah satunya saya mencoba mengambil SK-KD yang isinya "Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari" . Sehingga diambillah Teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk Procedure Teks, para peserta didik ini diharapkan mampu "Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure"

Silahkan download filenya swmoga bermanfaat ya....


  • Download, Instrumen Penilaian Ujian Praktek SMA Mata Pelajaran Bahasa Inggris



Load disqus comments

0 comments