Tuesday, February 28, 2017

SOAL-SOAL UAS MATA PELAJARAN BALAGOH KELAS 8 DAN 9 MTS/SMP

SOAL-SOAL UAS BALAGOH TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) TAHUN PELAJARAN 2016-2017



Bismillah,
Kita ketahui bahwa ada beberapa mata pelajaran yang berbeda antara SMP dengan Mts, yakni pada sekolah Mts itu terdapat mata pelajaran tambahan mengenai Keagamaannya diantaranya, Bahasa Arab, Fiqih, Tauhid, Tajwid, Usul Fiqih , Balaghah dan masih banyak lagi.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi contoh-contoh soal UAS khususnya mata pelajaran Balaghah kelas 8 dan kelas 9. Adapun pengertian dari Ilmu Balaghah dari berbagai sumber itu sendiri dapat disimpulkan sebagai berikut :

Ilmu Balaghah ialah ilmu untuk menerapkan (mengimplementasikan) makna dalam lafazh-lafazh yang sesuai (muthabaaqah al-kalaam bi muqtadhaa al-haal).

Tujuan ilmu balaghah : mencapai efektifitas dalam komunikasi antara mutakallim dan mukhathab.

Jenis-jenis Ilmu Balaghah :

  1. Ilmu Ma’ani : ilmu yang mempelajari susunan bahasa dari sisi penunjukan maknanya, ilmu yang mengajarkan cara menyusun kalimat agar sesuai dengan muqtadhaa al-haal.
  2. Ilmu Bayan : ilmu yang mempelajari cara-cara penggambaran imajinatif. Secara umum bentuk penggambaran imajinatif itu ada dua. Pertama, penggambaran imajinatif dengan menghubungkan dua hal. Kedua, penggambaran imajinatif dengan cara membuat metafora yang bisa diindera.
  3. Ilmu Badii’ : ilmu yang mempelajari karakter lafazh dari sisi kesesuaian bunyi atau kesesuaian makna. Kesesuaian tersebut bisa dalam bentuk keselarasan ataupun kontradiksi.
 Itulah sedikit kesimpulan penjelasan mengenai ilmu Balaghah dari berbagai sumber. Oleh karena itu saya pun akan memberikan pula contoh soal-soal UAS mata pelajaran Balaghah mudah-mudahan bermanfaat untuk para pendidik serata bagi para peserta didik untuk lebih mempersiapkan UAS semester 1.

Silahkan download filenya di bawah ini :

Load disqus comments

0 comments